Kamis, 11 Februari 2010

WaRninG!! bRowSinG

HATI-HATI BERINTERNET…!!!!


Internet sekarang makin menyeramkan, menurut pakar internet, kalau dulu diperlukan waktu satu hari untuk menyebarkan virus. Sekarang, hanya dalam waktu 5 menit, virus bisa menyebar ke seluruh dunia. Itu hanya ancaman dari virus, belum ancaman dari para spyware, Trojan horse, key logger, spam, hacker, dan lain lain banyak deh, pokoknya!! Terus kita harus gimana, nih?
Jangan Sembarangan…!!!
Saat ini, memang banyak ancaman dari internet. Kasus Sasser dan Blaster sudah membuka mata kita bahwa, serangan itu juga bisa terjadi pada kita. Karena itulah, peran antivirus sangatlah penting.
Nggak Cuma itu aja, geng spyware, Trojan Horse dan key logger juga nggak kalah menakutkan karena mereka masuk ke dalam komputer kita dengan sembunyi sembunyi dan mengintai perilaku kita di internet. TROJAN HORSE biasa dipakai para hacker untuk mengambil kendali PC kita dari jauh. Mereka bisa menjadikan PC kita sebagai tempat menyimpan file apapun, supaya bisa di download oleh siapapun dan kapan saja. Sedangkan, KEY LOGGER adalah software kecil yang bisa merekam semua ketikan kita di keyboard. Data rekaman itu dikirim di key logger ke pemiliknya lewat internet. Padahal data yang kita ketikkan bisa nama, password email bahkan password bank. Waduh!!! Naah, makanya kita yang seneng berjelajah ke dunia internet harus waspada dan nggak bertindak sembarangan. Ini beberapa tips yang bisa kita lakukan biar terhindar dari hal-hal yang berbahaya.

1. Pake’ ANTIVIRUS. Tapi,kita harus tetap mengupdate antivirus kita dengan versi yang terbaru. Biasanya versi yang terbaru udah menyediakan lebih banyak perlindungan, fitur-fitur dan pola pemeriksaan yang lebih baik daripada sebeblumnya.
2. Pake’ ANTI-SPYWARE. antivirus nggak cukup handal untuk menghapus spyware yang ada. Dan nggak semua spyware bisa dihapus dengan satu anti-spyware. Kita bisa memasang dua-tiga anti-spyware seperti: Adaware, Spyboat Search, Destroy dan Spysweeper.
3. Jangan asal KLIK. Ini perlu diwaspadai juga loh! Kita jangan asal klak-klik kalau kita nggak tau situsnya aman atau nggak. Untuk menghindari hal ini, usahakan untuk nggak ngeklik, iklan pop-up yang muncul ketika kita surf di dunia internet, karena dengan mengklik iklan itu, bisa menjadi jalan masuk spyware secara diam-diam.
4. Jangan asal menggunakan FILE SHARING. Ada bebrapa situs yang menyediakan file sharing. Salah satunya adalah friendster. Friendster menyediakan fasilitas untuk sharing foto, album foto dan gambar kepada sesama pengguna friendster. File sharing bisa menjadikan jalan masuk bagi para file bahaya. Usahakan untuk nggak menginstall file bertipe EXE karena file itu belum tentu aman.
4. Baca subyek dan pengirim email dan ATTACHMENT. Terkadang attachment email berisi virus terbaru yang menyebabkan virus-virus itu langsung berjalan-jalan dalam komputer kita. Hindari Attachment yang berisi Hi, Hello, Urgent, Status, Error dan lain lain.
5. Gunakan PASSWORD UNIK untuk melindungi account kita di internet. hindari menggunakan nama, tanggal lahir kita, tanggal jadian, nama pacar atau sesuatu yang menunjukkan identitas kamu untuk membuat password acoount kita. Kita bisa menggunakan password yang berupa angka dan huruf, yang agak panjang, dan aneh.
MOGA AJA TIPS DI ATAS BISA SEDIKIT MEMBERI PENGETAHUAN BARU BUAT KITA SEMUA SAAT SURFING DI INTERNET
.
yondaimeyondaime

Tidak ada komentar:

Posting Komentar